Cara Menentukan Awal Ramadhan

cara menentukan awal ramadhan

Diwajibkan  untuk  melihat  hila(bulan  sabit) Ramadlan pada malam ke 30 bulan Sya’ban. Karena puasa Ramadlan diwajibkan jika sudah terjadi salah satu diantara dua hal:

1. Menyempurnakan bulan Sya’ban menjadi 30 hari.

2. Melihat   hilal   Ramadlan    pada   malam   30   Bulan Sya’ban.

Sebagaimana tuntunan Rasulullah:

 صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ وَانْسُكُوا لَهَا فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عدة شعبان ثلاثين يوما

Maknanya:   Berpuasalah   kalian  karena   melihat  Hilal (bulan   sabit  Ramadlan)  dan  berbukalah   (berhari  raya) kalian  karena  melihat Hilal  (bulan  sabit Syawwal), jika kalian terhalang mendung maka sempurnakanlahitungan Sy’ban menjadi 30  hari”.   (HR.  alBukhari dan Muslim serta Ashhab asSunan).

Siapa saja yang melihat  hilal Ramadlan,  maka ia wajib berpuasa.  Adapun  orang  yang  tidak  melihat   tapi mendengar  berita  tentang  dilihatnya   hilal dari   seorang muslim    yang   dapat    dipercaya,    adil,   merdeka    (bukan hamba  sahaya)  dan  bukan  seorang pembohong juga wajib baginya  untuk  berpuasa.  Diriwayatkan oleh  Abu  Dawud dari sahabat  Abdullah  ibn Umar  berkata:

Aku pernah  memberitahu  Rasulullah  bahwa  aku  telah  melihat hilal,  maka Rasulullah  berpuasa dan memerintahkan  orangorang untuk berpuasa‘.  (disahihkan oleh Ibn Hibban).

Adapun  jika  yang  memberitahu  tentang  dilihatnya hilal tersebut  adalah  seorang  anak    kecil    atau    seorang yang fasiq atau  perempuan atau budak,  bila mereka dapat dipercaya  maka hukumnya boleh  (jaiz) berpuasa.  Tapi  bila tidak   dapat    dipercaya,    maka    hams    menyempurnakan hitungan  bulan Sya’ban menjadi 30 hari.

Jika  Qadhi  (hakim)  sudah  menetapkan untuk berpuasa,  maka wajib bagi  seluruh penduduk yang tinggal di   daerah    tempat    ketetapan    tersebut    berlaku    juga penduduk  daerah-daerah  lain  yang  dekat   dari   daerah tempat  dilihatnya hilal dan sama mathla’-nya  (tempat terbit dan  terbenamnya  matahari)  untuk  berpuasa,  tidak termasuk    orang-orang    yang   tinggal   di   daerah    yang berbeda mathlanya dengan daerah tempat ketetapanQadli (ini menurut  pendapat  Imam Syafi’i).

Adapun  menurut  pendapat  Abu Hanifah wajib berpuasa  bagi seluruh  penduduk suatu negara yang telah mengetahui   ketetapan   puasa  di  satu  daerah,  meskipun jauh    dari    daerah    tempat    dilihatnya    hilal.    Menurut pendapat   Imam  Abu  Hanifah   ini,  diwajibkan  berpuasa bagi  penduduk  ujung  barat  jika  mengetahui  ketetapan puasa di daerah timur, begitu juga sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

ke atas