Fardhu-Fardhu Puasa

Fardhu  puasa  ada dua;  niat  dan  menahan  diri  dari hal-hal yang membatalkan  puasa:

1. Niat

Berniat dilakukan dalam hati dan tidak disyaratkan untuk  mengucapkannya  dengan  lisan.  Niat  wajib dilakukan  di malam  hari  sebelum  terbit  fajar untuk  tiap• tiap   hari    selama   bulan    Ramadlan    walaupun    untuk mengqadla puasa  Ramadlan  (di lain bulan  Ramadlan). Jika ada  seseorang   yang  berniat   puasa  untuk   hari  berikutnya setelah  matahari   terbenam  sementara ia  belum   berbuka clan  ia  tidak   mengulanginya  kembali   setelah   ia  makan maka niatnya  tersebut sudah  cukup  baginya.

Diwajibkan pula untuk  menentukan puasa yang dilakukan   pada   waktu   niat,  seperti   menentukan  bahwa puasa  yang  dilakukan  adalah  puasa  Ramadlan   atau  puasa nadzar atau  puasa  kafarat walaupun   tidak  dijelaskan sebab kafarat-nya.

Niat   puasa   Ramadlan   wajib  dilakukan   setiap  hari, tidak cukup  niat sekali di awal bulan  untuk  sebulan  penuh menurut  Imam   Syafi’i.  Para  ulama  mengatakan: Sempurnanya niat untuk puasa Ramadlan  adalah sebagai berikut:

نويت صوم غد عن اداء فرض رمضان هذه السنة إيمانل واحتسابا لله تعالى

Maknanya:  Aku  berniat puasa  besok  untuk  menunaikan kewqjiban Ramadlan pada tahun ini karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah taala.

Sebagian   ulama   mengatakan  bahwa   cukup   berniat sekali   pada    malam    pertama   bulan    Ramadlan    untuk sebulan  penuh,  misalnya dengan  berniat:

نويت صيام ثلاثين يوما عن شهر رمضان هذه السنة

Wajib bagi perempuan yang haidh atau nifas (jika darahnya   sudah  berhenti   keluar)  agar  berniat   di  malam hari untuk  berpuasa  hari  berikutnya  dari bulan  Ramadlan meskipun   belum   mandi   besar.   Sementara   itu diperbolehkam  baginya  untuk   makan,  tidur  clan bersetubuh   (setelah   mandi   wajib)   setelah   berniat   clan sebelum  terbit  fajar.

Orang    yang belum  berniat  puasa, lalu tidur  malam clan baru  bangun  setelah  terbit  fajar (sudah masuk  waktu Subuh) maka ia diwajibkan untuk menahan  dirinya dari melakukan  hal-hal  yang  membatalkan  puasa,  clan diwajibkan juga untuk  mengqadha  puasa hari tersebut.

Adapun   dalam   puasa    sunnah,   tidak   disyaratkan untuk  meletakan  niat di malam hari (tabyit). Maka jika seseorang   baru  bangun   dai  tidur  malam  setelah  terbit fajar,   -selama   ia   belum   makan   clan   minum    sesuatu apapun-,  kemudian  ia meletakan  niat dalam hatinya untuk berpuasa sunnah pada hari itu sebelum tergelincirnya matahari maka sah puasanya.

2. Menahan Diri Dari Hal-hal Yang Membatalkan Puasa

Wajjb   bagi   orang   yang   sedang   berpuasa   untuk menahan  diri dari melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Makan,  minum   clan   memasukkan    sesuatu   yang berbentuk  meskipun   kecil  ke  dalam   kepala  atau perut   melalui  lubang-lubang   yang  terbuka   seperti mulut, hidung (walaupun hanya bagian-bagian yang kecil  seperti  merokok),   atau  dari  lubang  qubul  clan clubur, mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.
  • Apabila  ada    orang    yang    makan     dan    minum walaupun  banyak  sementara  ia lupa  bahwa  ia sedang berpuasa,   maka   puasanya    tidak   batal    meskipun dalam  puasa  sunnah. Sebagaimana  disebutkan dalam hadits:

مَنْ نَسِيَ وَهُوَ صَائِمٌ فأَكل أو شَرِب، فَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ، فَإِنَّمَا أَطْعَمَهُ الله وَسَقَاهُ

Maknanya:   “Siapa  saja yang  lupa  sementara  ia  sedang berpuasa, lalu makan dan minum maka hendaklah ia sempurnakan puasanya karena sesungguhnya Allahlahyang memberinya makan dan minum”   (HR. Bukhari)

  • Istiqo ah:  sengaja  mengeluarkan muntah  dengan  jari atau yang semisalnya meskipun  tidak ada sedikitpun dari muntahnya tersebut  yang kembali lagi ke dalam perutnya. dapun orang yang muntah bukan dengan disengaja  mengeluarkannya,  –selama  ia  tidak menelan   sedikitpun   clari  muntahnya–,  maka puasanya   tidak   batal,   tapi   ia  wajib   mensucikan mulutnya sebelum menelan luclah clari mulutnya tersebut. Rasul bersabda:

مَن ذرعَهُ قَيءٌ وَهوَ صائمٌ، فلَيسَ علَيهِ قضاءٌ، وإن استَقاءَ فليقضِ

Maknanya:   “Orang _yang  terpaksa  muntah  (dengan  tidak disengaja  mengeluarkannya),  maka ia tidak  dikenai kewajiban   mengqadha  puasanya,   sedangkan   orang yang sengaja memancing muntahnya agar keluar,  maka ia wajib untuk  mengqadha puasanya”  (HR.  al-Hakim  dan lainnya).

  • Bersetubuh, dan  mengeluarkan mani  dengan  sengaja atau dengan bersetubuh. Ketiga hal tersebut membatalkan puasa. Adapun kalau seseorang yang sedang    berpuasa   kemudian   keluar    air   maninya karena  melihat  hal-hal  yang diharamkan atau dengan berkhayal, maka tidak batal puasanya (walaupun demikian  itu dapat  menggugurkan pahala puasa).

Oleh   karena   waktu   puasa   dimulai   sejak  terbitnya fajar sampai  terbenamnya matahari,  maka  wajib  bagi kita untuk  mengetahui kepastian   awal dan  akhir  waktu  puasa tersebut bagi setiap mukallaf. Pada saat ini kebanyakan muadzdzin    (tukang   adzan)    tidak    mengetahui   tentang waktu-waktu shalat, kebanyakan   mereka  hanya  bertumpu alat-alat   digital   yang   mereka   putar   untuk   menentukan waktu  fajar dan maghrib,  oleh karenanya  tidak boleh  serta merta  berpegangan dan mengikuti  aturan  semacam  iniز

Fajar adalah  sinar  putih   mengarah  horizontal  yang berada  di ufuk  timur, pada  awalnya terlihat  agak kemerah• merahan  yang  bercampur  dengan   sinar  putih   tersebut, kemudian    setelah    sekitar   setengah   jam   warna    merah tersebut menjadi lebih tajam, sinar putih inilah yang dinamakan   dengan   fajar,  niat   puasa    wajib   dilakukan sebelum  munculnya sinar putih  tersebut.

Adapaun  yang  dimaksud   dengan   terbenamnya matahari adalah terbenamnya bola matahari  secara keselurnhan di ufuk  barat.

Siapa  saja yang  dengan   sengaja  makan  setelah  fajar terbit dengan meyakini bahwa fajar belum  terbit maka puasanya   tidak   sah   clan  ia  wajib  mengqadha  puasanya yang  tidak  sah  tersebut,  namun   demikian   ia wajib  untuk menahan diri  dari  hal-hal  yang  membatalkan puasa  pada siang harinya.

Demikian pula jika seseorang  yang sudah melakukan ijtihad (bernsaha  mengetahui waktu),  kemudian makan, setelah  makan   barn   ia  tahu   bahwa  waktu   subuh   sudah masuk   (sudah  terbit  fajar),  seperti  orang yang  bertumpu pada suara kokokan ayam yang sudah terdidik  (dalam menentukan waktu  subuh) maka ia wajib mengqadla puasanya   tersebut,  hanya   saja  ia  tidak   berdosa,  karena telah melakukan ijtihad.

Demikian pula  jika ada  orang yang  makan  sebelum terbenamnya matahari   dengan   meyakini  bahwa  matahari sudah  terbenam,  kemudian   setelah  makan  barn  ia mengetahui bahwa  matahari belum  terbenam maka  puasa orang  tersebut batal.  Ia wajib  mengqadha  puasanya  yang batal tersebut.

Adapun orang  yang  dengan  sengaja makan  sebelum terbenamnya matahari  tanpa  ada udzur, maka  ia berclosa. Allah berfirman:

ثم أتموا الصيام إلى الليل

Maknanya:   “Sempurnakanlah puasa  sampai  malam”.   (QS.  Al –Baqarah:  187)

Tanda   masuknya   malam   yang   dimaksud    ayat   tersebut adalah terbenamnya matahari.

Wajib    bagi    setiap    orang    muslim    untuk     selalu menjaga  ke-Islamannya  selamanya,  baik  di  bulan Ramadlan    atau   bulan-bulan     lainnya.   Wajib   menjauhi perkara-perkara yang dapat menyebabkan jatuh dalam kekufuran.  Kufur  ada tiga macam,  yaitu:

  1. Kufur Qauli  (kufur   perkataan):   seperti   mencaci-maki Allah, al-Qur’an atau Islam.
  2. 2. Kufur   I’tiqadi (kufur  keyakinan):  seperti  meyakini bahwa  Allah  adalah  benda   atau  cahaya  atau  ruh, atau meyakini  bahwa  Allah memiliki  anggota anggota badan,  memiliki  bentuk,  memiliki  ukuran, memiliki tempat  clan arah, clan sifat-sifat benda lainnya.
  3. 3. Kufur  Fili  (kufur  perbuatan):   seperti   melempar mushaj  al-Qur’an  pacla  tempat-tempat  najis   atau sujud kepada  berhala.

Hal  ini  dikarenakan  syarat   sah  puasa   adalah   keimanan orang  yang  berpuasa,  sementara   kekufuran   bisa  merusak keimanan.

Barang siapa  jatuh dalam  salah  satu  dari tiga macam kekufuran   di atas  maka  batal  puasanya  clan ia diwajibkan untuk  segera  kembali  masuk  Islam  dengan  mengucapkan dua  kalimat  syahaclat  clan  menahan  diri  dari  melakukan hal-hal  yang membatalkan puasa  selama  siangnya. Juga  ia wajib   segera  meng-qadha  puasanya    (hari   yang   batal karena  jatuh pada  kekufurun)  setelah  Ramadlan  dan  hari raya.

Tinggalkan Balasan

ke atas